Ayo! Indonesia Bisa

Perhelatan Sea Games 2011 saat ini menuju hal-hal menentukan, Indonesia sebagai tuan rumah, optimis bisa menjadi juara umum. Itu tidak lepas dari slogan yang disuarakan selama Sea Games berlangsung, Ayo! Indonesia Bisa. Begitu pula dengan spirit dan semangat selama Sea Games, yakni bersatu dan bangkit (united and rising). Semuanya itu saling berakit satu sama lain.
Indonesia bisa, itu bisa terwujud kalau semua dari diri kita, sebagai warga negara juga bisa. Bisa dalam segala hal, semangat, niat dan tentunya adalah aksi di lapangan. Bukan hanya sekedar omongan dan ucapan, tanpa aksi yang nyata. Indonesia bisa, bisa menang, bisa sukses dan bisa menjadi yang terbaik dalam Sea Games ini. Bukan hanya Sea Games saja, tapi Indonesia bisa ini harus selalu menjadi spirit dalam setiap event dan moment.
Aksi yang nyata di sini, harus dibuktikan dengan langkah-langkah yang profesional. Seperti dalam seleksi atlet-atlet yang berbakat, yang dikirim ke ajang Sea Games ini. Harus benar-benar penilaian yang selektif, dari daerah-daerah di seluruh Indonesia. Selain itu, juga seleksi dilakukan secara kontinu agar terjadi regenerasi yang bagus dan menghasilkan atlet yang berprestasi di tingkat internasional.
Indonesia bisa, bukan hanya sekedar slogan. Bukan hanya sekedar kata-kata yang tak berarti. Tetapi sebuah semangat, yang harus diikuti dan diwujudkan dalam sebuh aksi nyata. Bukan hanya di bidang olahraga, tetapi juga di bidang yang lain. Itu bisa, dan Indonesia bisa. Upaya ini harus dilakukan, agar rakyat Indonesia tidak merasa dibohongi, tidak merasa ditinggalkan. Sudah saatnya Indonesia, menunjukkan kepada rakyatnya dengan prestasi yang baik. Bukan hanya sekedar slogan saja, tetapi dengan aksi nyata.
Siapa bilang Indonesia tak bisa? Hanya orang-orang pesimis saja yang mencibir Indonesia bisa. Hanya orang-orang yang tak cinta dan tak punya semangat kalau Indonesia itu bisa. Bisa di segala hal, bisa melakukan dan bisa ditunjukkan. Indonesia bisa, mandapat dukungan dari jutaan warganya di seluruh pelosok tanah air. Indonesia bisa diandalkan, Indonesia bisa dibanggakan.
Indonesia bisa maju, bisa berhasil, bisa menjadi pemenang, bisa menjadi negara yang hebat, bisa menjadi negara yang bersih, bisa menjadi negara yang sejahtera. Indonesia bisa mewujudkan cita-citanya, Indonesia bisa mensejahterakan warganya. Indonesia bisa sejajar dengan negara-negara maju dan modern. Indonesia bukan bangsa yang selalu terbelakang, Indonesia bisa menjadi pemimpin di dunia. Itulah, Indonesia bisa.
Ayo! Indonesia bisa, adalah perwujudan semangat nasionalisme bangsa. Nasionalisme yang sempat melemah, saatnya dibangkitkan dengan semangat persatuan. Dengan semangat Indonesia bisa. Nasionalisme itu, bukan hanya milik para petinggi negara, bukan hanya milik para pejabat, apalagi para politisi. Nasionalisme justru paling besar ada pada rakyatnya, yang tanpa pamrih, tanpa tujuan pribadi, semuanya demi bangsa, bangsa Indonesia.
Seperti hanya Sumpah Pemuda yang didengungkan pada 1928, adalah semangat nasionalisme yang murni, yang muncul dari setiap diri dan ahti nurani para pemuda saat itu. Kini, setelah 83 tahun, semangat nasionalisme yang tumbuh di hati para pemuda itu diwujudkan dalam ajang Sea Games. Mereka yang terlibat dalam ajang olahraga tingkat Asia Tenggar itu, adalah pemuda-pemuda pilihan, yang siap mengharumkan nama bangsa. Dengan nasionalisme, dengan kemampuannya, siap memeprsembahkan medali bagi bangsa Indonesia. Indonesia bisa.
Indoensia bisa, adalah semangat baru. Semangat untuk bisa mewujudkan impian yang selama ini terpendam. Indonesia bisa, adalah Indonesia yang berubah. Berubah untuk menjadi lebih baik. Indonesia bisa, bisa-bisa saja. (*)

Komentar

Postingan Populer