Catatan Kecil Sebuah Silaturahmi Medsos



 Media sosial (medsos) saat ini menjadi sarana komunikasi yang sangat favorit. Setiap saat seseorang bisa berkomunikasi dengan siapa saja, mulai dari teman sekolah, teman kuliah, teman kerja dan lingkungan, bahkan teman sekampung sekalipun. Mereka yang tidak bertemu selama bertahun-tahun, kembali diketemukan lewat medsos tadi. Ada facebook, twitter, BBM, WA, blog, path, instagram dan lainnya. Komunikasi lewat media sosial ini sangat mudah, mengingat hampir semua orang sudah memiliki alat komunikasi yang memiliki aplikasi tersebut.
Melalui medsos tersebut, pertemuan lewat darat pun direncanakan. Meski tidak semuanya bisa datang langsung, namun silaturahmi langsung di antara teman, kawan dan sahabat lama itu bisa diwujudkan. Rentang waktu dan jarak, menjadi alasan utama untuk bertemu langsung. Meski untuk mencocokkan waktu dan tempat terkadng sangat sulit. Mengingat kesibukan dan tempat tinggal saat ini yang tersebar, tidak hanya dalam satu provinsi saja, namun tersebar di seluruh Indonesia.
Teman yang satu kampung saja, kadang belum tentu bisa ketemu setahun sekali, Meski ada ajang mudik Lebaran, yang dilakukan bagi mereka yang merantau ke luar daerah. Apalagi yang tempat tinggal dan domisili berbeda kota, waktu untuk ketemu dan bersilaturahmi menjadi sangat sulit. Ajang reuni teman sekelas, satu sekolah, satu angkatan dan sebagianya, selalu menyisakan mereka yang tidak bisa hadir. Sepertinya untuk bisa menghadirkan 100 persen teman-teman yang dulu belajar bersama, bermain bersama, menjadi hal yang mustahil.
Kiranya, silaturahmi melalui medsos ini menjadi salah satu alternatif hubungan persahabatan dan tali silaturahmi yang terputus sekian lama. Tak heran, ketika bertemu di suatu acara atau secara kebetulan di jalan atau tempat umum lainnya, kita tidak bisa mengenali satu sama lainnya. Bentuk wajah, badan dan juga gaya serta penampilan, jelas berbeda dengan dulu waktu sekolah atau pun kuliah. Mereka yang dulu bertubuh kurus kering, tak disangka sekarang bertubuh tambun dan subur. Mereka yang dulu tak berjilbab, sekarang berjilbab. Mereka dulu yang tak memiliki kumis dan jambang, kini tumbuh lebat dan subur.
Medsos ini menjadi tali silaturahmi yang cukup efektif. Betapa tidak, mereka yang sama sekali putus kontak, kembali terhubung walau hanya melalui dunia maya. Sepertinya rasa kangen, rindu dan bercerita pengalaman setelah sekian lama tak berjumpa, menjadi topik yang hangat setiap percakapan di dunia maya tersebut. Tak jarang, guyon dan sendau gurau, bahkan saling mengejek kembali terjadi melalui medsos tersebut. Seakang setelah sekian puluh tahun, kembali terekam saat-saat di dalam ruang kelas atau kuliah dulu. Sepertinya baru kemarin lulus, kemudian melanjutkan pendidikan dan kehidupannya masing-masing. Namun yang membedakan, masing-masing sudah punya pasangan hidup dan anak-anaknya. Sungguh tali silaturahmi yang luar biasa melalui medsos, alat komunikasi di zaman modern ini.
Medsos yang menjadi tali silaturahmi ini, hendaknya jangan menjadi sesuatu yang negatif. Sesuatu yang justru akan merusak silaturahmi yang selama ini sudah terjalin. Khususnya hubungan dalam keluarga, teman dekat, teman kantor, tetangga dan lingkungan. Kemungkinan-kemungkinan hal negative itu bisa saja muncul, karena melalu medsos ini seseorang bisa saling curhat atas kondisi dirinya saat ini. Curhat untuk mencari solusi atas persolan yang dihadapi, bukanlah hal negative. Namun ketika curhat itu dibalas dengan perasaan, akan menimbulkan dampak negatif. Apalagi jika dulu ada semacam rasa cinta, suka dan sebagainya, yang tak kesampaian hingga sekarang. Sehingga muncul istilah CLBK, cinta lama bersemi kembali, begitu istilah jaman sekarang.  
Namun yang terpenting saat ini, justru melalui melalu medsos ini, jangan sampai tali silaturahmi yang sudah ada, baik dengan tetangga, teman, rekan sekantor, lingkungan dan khususnya dengan keluarga dan orang tua, tidak terputus. Silaturahmi melalui medsos menjadi alternative, tetapi silaturahmi secra langsung dengan yang sudah ada, tetaplah menjadi prioritas. (*)

Komentar

Postingan Populer